Segmentasi pasar atau produk adalah hal yang pertama kali harus kita lakukan supaya mencapai hasil yang optimal. segmentasi pasar pada intinya memgabi potensi pasar menjadi bagian-bagan tertentu, bisa berdasar kelas ekonomi dan pendidikan, pembagian demografis, ataupun juga berdasarkan gaya hidup.
Alurnya, pertama kita lakukan segmentasi, kemudian ke targeting, dan terakhir ke postioning.
Pembagian segmen yang paling lazim dilakukan adalah berdasar kelas
sosial ekonomi. Sebagai misal, pembagain yang sering dilakukan adalah
membagi lapisan pasar menjadi empat kelas :
misal kelas C (kelas ekonomi
rendah),
kelas B (menengah),
dan kelas AB (menengah atas)
dan kelas A
(golongan atas).
Sebagai misal, produk kartu ponsel Esia yang murah
meriah cenderung ditujukan untuk golongan B dan golongan C. Sementara
produk mobil mewah seperti Ferrari atau produk tas Shopie Martins ditujukan untuk
segmen kelas atas
Setelah segmentasi atas produk telah ditetapkan, maka langkah
berikutnya adalah melakukan targeting atau membidik target market yang
telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu
saja serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan
karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju. Sebagai misal
produk-produk tas dan sepatu mewah seperti dengan merk Gucci atau Louis
Vuitton, maka mereka selalu memilih mal kelas atas seperti Plaza Senayan
dan Pacific Place untuk membuka outletnya; dan bukan di mal kelas
menengah seperti Plaza Jatinegara. Hal diatas dilakukan agar kegiatan
promosi peasaran yang dilakukan pas dan tepat sasaran dengan segmen
pasar yang ditujunya.
Selain targeting, maka langkah berikutnya adalah melakukan positioning
produk. Langkah ini artinya adalah menciptpakan keunikan posisi produk
dalam benak atau persepsi pelanggan potensial yang akan dibidik. Mobil
mewah BMW selalu mencitrakan dan memposisikan dirinya sebagai kendaraan
mewah nan elegan. Pada sisi lain Esia selalu mencoba memposisikan
dirinya sebegai produk rakyat kebanyakan yang murah dan tersedia
dimana-mana.
Positioning yang pas ini menjadi sangat penting, sebab dengan begitu
mereka bisa meraih simpati dalam benak pelanggan. Dan selanjutnya hal
ini bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk yang
ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar